RENTAL MOBIL SURABAYA

SEWA MOBIL SURABAYA - CITRA TRANS SURABAYA
0857 4928 7333
0822 3306 1555

Email: citratranssurabaya@gmail.com

Berita

Pernah Mendapat Giliran Pemadaman Listrik?

Listrik padam. 
Mungkin ini yang menjadi momok bagi Sewa Rental Mobil Innova Reborn di Surabaya yang selama ini bergantung dengan listrik PLN. Tak hanya langganan listrik PLN saja tetapi juga air bersih beserta koneksi internet sekalian, belum lagi tagihan telepon yang mesti dibayar perbulan. Jadi, kegiatan saling tergantung antar layanan ini tentu berdampak kurang bagus jika salah satu (apalagi jika semua) jasa layanannya ngadat atau terputus. Selain operasional yang terganggu, layanan kepada konsumen pun bisa sedikit terhambat. Sedikit terhambat ini bukan berarti berkurangnya kualitas layanan juga dan tak perlu Anda khawatirkan dampaknya kepada Anda secara langsung.

Beberapa waktu lalu di kantor Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya memang sempat mengalaminya; dan alasan akan hal ini cukup bisa dipahami yakni terkait pemeliharaan sistem. Pemadamannya sendiri juga tak bisa dibilang singkat. Hampir seharian pada jam kerja umumnya. Tetapi sesuatu yang bersifat fisik dan teknis pasti memerlukan pemeliharaan, sama seperti rumah yang perlu dicat ulang atau disapu lantainya serta di-pel supaya bebas debu. Lagipula pemadaman tersebut tidak terjadi tiap minggu atau tiap bulan atau bahkan tiap tahun di kantor Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya.

Hanya, bila kita mencari tahu di internet kita akan mengetahui bahwa memang ada beberapa hal yang membuat listrik dipadamkan dan tak melulu soal pemeliharaan. Dari yang Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya temukan pada akun Facebook ini mungkin menjelaskan mengapa sering ada pemadaman listrik: https://www.facebook.com/PLNSidayu/videos/1354275511282283/. Diantaranya adalah hewan, pendirian atau renovasi bangunan, kecelakaan, adanya ranting/daun-daun akibat cuaca dan lain sebagainya. Biasanya sistem kelistrikan di perumahan dibangun secara serentak dengan infrastruktur listrik yang telah diseragamkan, tidak seperti di perkampungan yang baru dikoneksikan kelistrikannya saat ada pembangunan atau pindahan rumah baru. Tetapi toh sambungan kabel listrik tidak terkonsentrasi di perumahan atau perkampungan saja melainkan saling tersambung tanpa putus selain distribusi listrik ini dibagi dalam area-area; meski kadang kita juga menemui adanya pembagian saluran, dimana rumah kita mungkin mati-listrik sedangkan tetangga kita tidak.

Selain itu, terkadang ada perbaikan instalasi yang malah akan berbahaya bila tidak dimatikan. Tiang listrik patah berikut ini masih dipastikan listriknya menyala (dan dipergunakan dalam keseharian) setelah diterjang hujan dan angin, namun situasinya akan menjadi kritis bila sekian waktu berikutnya tidak diganti: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=433526800333693&set=o.227268729878&type=3Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat menduga tiang itu tak langsung jatuh ke bawah dikarenakan masih ditopang oleh jajaran kabel yang masih tersambung. Namun pastinya kondisi tersebut masih berbahaya bagi mereka yang lewat dibawahnya.

Namun sekali lagi, mati-listrik agaknya tidak terlalu sangat krusial bagi operasional Rental Sewa Mobil Per-12 Jam di Surabaya meskipun memang merepotkan, karena segala sesuatunya mesti dikerjakan manual. Di samping kerugian secara langsung semacam ini, ada kerugian secara tak langsung dari kelistrikan dalam kaitannya menyokong lalu lintas transportasi di lapangan. Salah satunya adalah kasus rubuhnya tiang lampu jalan seperti ini: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1269277643189162&set=o.227268729878&type=3&theater. Listrik di sekitar tiang lampu tersebut mungkin dimatikan guna keamanan dan menghindari arus pendek, yang imbasnya bisa sangat berpengaruh saat malam hari.

Contoh lainnya adalah saat meletusnya trafo (penaik/penurun tegangan dalam distribusi listrik di rumah-rumah/perusahaan) seperti yang bisa dibaca pada laporan pada tautan berikut: https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1471281599550776&set=o.227268729878&type=3. Trafo yang meledak pada laporan tersebut terkadang terjadi di sekitar tempat tinggal kita karena sesuatu, namun matinya listrik pada lampu lalu-lintas di persimpangan seringnya membuat kacau arus transportasi. Kecuali memang bila ada pos polisi bersama polantas yang bertugas. Tapi seorang atau beberapa polisi pun juga pasti mempunyai kepentingannya sendiri selama beberapa waktu (dengan kata lain, beranjak dari pos tersebut). Kemungkinannya, pihak polisi atau dishub akan melakukan rekayasa atau pengalihan arus dalam kondisi semacam ini.

Adanya listrik di sebagian Indonesia (termasuk kota dimana Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya berkantor) pada saat ini mungkin perlu disyukuri dikarenakan masih ada sebagian wilayah lainnya yang masih belum teraliri listrik. Setidaknya ada 13ribu desa belum teraliri listrik menurut referensi berikut ini: http://news.metrotvnews.com/daerah/xkEr6LpK-13-ribu-desa-belum-teraliri-listrik; Padahal berkembangnya sebuah daerah sedikit banyak juga disokong dari listrik. Secara minimal, saat anak-anak belajar atau aktivitas kita di malam hari pun butuh penerangan dan itu hanya bisa dipenuhi bila ada listrik.
Saat ini stasiun pembangkit listrik telah semakin bervariatif dibanding beberapa tahun lalu; beberapa anggota masyarakat malah telah mempunyai 'pembangkit listrik mandiri' di rumahnya dengan memasang sel surya: https://finance.detik.com/energi/d-3643978/pasang-panel-surya-di-atap-rumah-bisa-ekspor-listrik-ke-pln. Tentu agak susah jika mandiri secara penuh karena sebuah peralatan pun terkadang bermasalah secara teknis, namun setidaknya bisa berhemat. Di beberapa tempat dunia yang tak teraliri listrik, nampaknya lampu sel surya (dalam bentuk botol) juga cukup membantu secara minimal yakni penerangan: http://www.huffingtonpost.com/entry/plastic-bottles-electricity_us_596e64f4e4b0000eb1968bb5.

Di negara-negara Eropa dimana taraf standar kehidupannya lebih tinggi, beberapa ruas jalan telah menggunakan sumber energi alternatif. Diantaranya adalah tenaga surya, tenaga angin, dan lain sebagainya. Bahkan gelombang laut (tidal) pun dimanfaatkan untuk membuat sumber listrik yang ramah lingkungan: https://www.seeker.com/earth/energy/scotland-just-set-a-world-record-for-producing-energy-from-tidal-power. Sedangkan di Indonesia sendiri diprediksi mempunyai potensi tenaga dari panas laut yang besar: https://kumparan.com/angga-sukmawijaya/indonesia-berpotensi-hasilkan-energi-panas-laut-hingga-41-gw, meskipun pemanfaatannya masih dalam rencana karena biaya yang diperlukan untuk pembangunannya juga besar.

Di sebuah daerah terpencil di Jawa ternyata juga diketahui memanfaatkan tenaga air dari sungai (yang entah jika sungai tersebut kering saat kemarau panjang) untuk kelistrikan karena sungai di daerah tersebut cukup deras. Rental Sewa Mobil Perhari di Surabaya juga akan terus mencermati langkah pemerintah selanjutnya untuk pengadaan kelistrikan ini, karena saat ini tren dunia sedang menuju ke arah kendaraan listrik (ketimbang bahan bakar fosil) yang cenderung lebih bersahabat bagi lingkungan; pengembangan baterai pun dipacu untuk lebih tahan lama dengan waktu pengisian yang semakin dipersingkat. 
 
 
***
Keterangan gambar: adanya lampu terkadang juga digunakan sebagai tanda (indikator) minimal bahwa di suatu daerah telah dijamah kelistrikan. Sumber gambar: pixabay/rcvd