RENTAL MOBIL SURABAYA

SEWA MOBIL SURABAYA - CITRA TRANS SURABAYA
0857 4928 7333
0822 3306 1555

Email: citratranssurabaya@gmail.com

Berita

Dollar yang Menguat dan Perekonomian Kita

Dewasa ini kita banyak disuguhi berita—minimal visualisasi fluktuasi—perkembangan nilai valuta asing berbanding rupiah, terutama USDollar atau Euro (mata uang bersama yang digunakan di Eropa). Hal ini merata di semua media berita tanah air baik cetak maupun daring (online). Karena uang asing adalah salah satu yang menjadi kebutuhan penting banyak orang di masa kini selain kebutuhan hidup dasar serta pendidikan yang layak. Di sisi lain, agaknya Indonesia juga telah memiliki pengalaman terkait nilai mata uang asing berbanding rupiah ini dengan melakukan 'kebijakan' yang bisa dijadikan pembelajaran di masa kini: https://id.wikipedia.org/wiki/Devaluasi_mata_uang.

Di banyak negara di dunia, standar pembayaran yang umum digunakan adalah USDollar meski masing-masing negara pun diketahui mempunyai mata uangnya sendiri. Bahkan harga suku cadang kendaraan yang digunakan oleh Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya juga berbasis dolar (ditetapkan oleh agen), karena itu ketika ada gonjang-ganjing pada mata uang dolar, setidaknya akan berimbas pada jasa dan harga Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya baik grafiknya naik atau turun. Namun jika komponennya banyak muatan lokal mungkin tak seberapa, tapi jika kandungan dari suku cadang tersebut adalah impor mungkin akan drastis gejolaknya.

Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya juga menemukan bila nilai dolar terus meningkat maka dunia pariwisata kita mungkin akan diramaikan oleh kunjungan turis lokal (wisatawan domestik), meski tak menutup kemungkinan masuknya wisatawan asing juga karena dirasa menguntungkan juga bagi 'bule' karena uangnya bernilai lebih banyak. Membanjirnya wisatawan lokal ini pastinya menguntungkan bagi Rental Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya yang telah memahami jalur-jalur di Jawa Timur. Dan beberapa kali Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya juga menjadi kepercayaan turis atau orang asing walaupun jumlah sopir yang memiliki kemampuan berbahasa inggris ini terbatas.

Sementara penguatan dolar menyebabkan berbagai industri yang menggunakan komponen bahan impor akan cenderung melesu, yang bisa jadi malah merangsang kebangkitan industri yang memanfaatkan komponen lokal. Hal ini bukan berarti buruk, karena banyak dari produk lokal juga mempunyai mutu yang tak kalah bagus apalagi bila dalam proses produksinya menganut standar yang ditetapkan. Meski begitu operasional Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya pastinya akan tetap menggunakan suku cadang standar original dari merek yang bersangkutan, entah suku cadang tersebut banyak kandungan impornya atau tidak.

Dampak menguatnya dolar pun tidak selalu dalam artian negatif. Karena Industri ekspor kita ke luar negeri justru malah menguntungkan bila ada penguatan nilai dolar. Namun hal ini juga tak berarti kita harus membiarkan dolar menguat terus karena Indonesia masih kuat bergantung pada kebutuhan impor, terutama pada bidang teknologi khususnya gawai (gadget) dan segala hal yang berkaitan dengan software.
 
 
 
****
Keterangan gambar: hampir setiap negara mempunyai mata uangnya masing-masing, begitu juga dengan nilainya yang lazim dibandingkan dengan mata uang negara lain (kurs). sumber: commons.wikimedia.org/Leon Petrosyan